Rabu, 23 September 2009

Optimalkan Genset, PDAM Habiskan Rp500 Juta per-Minggu

Banjarmasin, BARITO
Dampak dari masih belum pulihnya pemadaman listrik secara bergilir yang dilakukan Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih mesti menyikapinya dengan mengoptimalkan pengoperasian gensetnya
Hal ini dilakukan sejalan komitmen pabrik air bersih milik Pemko Banjarmasin itu dalam memberikan pelayanan air bersih kepada pelanggan selama 24 jam
Walau untuk itu PDAM mesti merogoh kocek atau ongkos produksi yang dikeluarkan jauh lebih besar bila dibandingkan dengan menggunakan tenaga listrik (PLN).
Total biaya yang mesti dikeluarkan PDAM sekitar lebih kurang Rp 2 milyar untuk pembelian BBM selama pemakaian 1 bulan atau lebih kurang Rp500 juta per-minggu.
Apalagi saat hari Raya Idul Fitri diketahui kebutuhan terhadap pemakaian air bersih sangat diperlukan oleh masyarakat.
Menurut Direktur Teknik PDAM Bandarmasih Ir HM Muslih, pendistribusian pelayanan air bersih selama 24 jam terhadap pelanggan tetap diupayakan dilakukan meski tidak secara maksimal. Karena kondisi atau faktor alam yang kini sedang mengalami musim kemarau. Hanya saja pihaknya mencoba melakukan system manajemen tekanan yang dilakukan pada setiap wilayah pada waktu-waktu tertentu.
Dijelaskan, untuk wilayah Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan, dan sebagian wilayah Banjarmasin Tengah dan Kabupaten Banjar (Zona BT & BTS dari IPA 2) tekanan air yang mengalir pada posisi tingkat tinggi dijadwalkan pada pukul 00.00 Wita hingga pukul 10.00 pagi, kemudian untuk wilayah Banjarmasin Barat dan Tengah kondisi tekanan air yang sangat tinggi mengalir ke pelanggan terjadi pada saat pukul 05.00 Wita hingga pukul 10.00 pagi.
Sementara untuk wilayah Banjarmasin Utara (Zona BU dari Boster S Parman) akan mengalami kondisi tekanan air diposisi tingkat sangat tinggi pada pukul 17.00 Wita hingga pukul 21,00 Wita.
Muslih berharap dengan ketentuan yang sudah mulai diberlakukan semenjak tanggal 17 September 2009, masyarakat bisa menggunakan dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya pendistribusian air bersih.
(mr’s )

DITERBITKAN 24-09-2009

Tidak ada komentar: