Selasa, 29 September 2009

Waspada Muntaber, Tingkat Keasinan Air Sungai di Atas Toleransi

Distribusi Air PDAM Dijamin Lancar

Banjarmasin, BARITO
Intrusi air laut ke alur Sungai Barito dan Sungai Martapura di Banjarmasin kian kuat hingga kadar garam atau tingkat keasinan air berada jauh dari ambang batas toleransi.
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin, Drs H.Zainal Arifin MSi mengakui tingginya kadar garam di sungai Banjarmasin, padahal kemarau diperkirakan sudah berakhir paling lambat Oktober ini
Berdasarkan hasil laboratorium PDAM Banjarmasin yang memiliki intake di Sungai Barito dan sungai Martapura melaporkan bahwa tingkat kadar garam Sungai Barito di bilangan Trisakti Banjarmasin sudah mencapai 4.300 miligram per liter atau diatas ambang toleransi. Padahal batas toleransi yang bisa diolah untuk menjadi bahan baku air ledeng paling tinggi hanya 250 miligram per liter, begitu juga air Sungai Martapura di bilangan Sungai Bilu sudah tercatat 1640 miligram per liter sehingga pengambilan air baku di Sungai Bilu sudah tidak normal lagi.
"Kita terpaksa menghentikan produksi di Intake Sungai Bilu sejak Senin dinihari selama 3 jam, namun kita tetap selalu melakukan pengambilan sample mengetahui tingkat kadar garam “ terang Zainal Arifin didampingi Direktur Teknik, Ir H Muslih, usai membuka bazaar murah bagi karyawan yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) PDAM Bandarmasih, Selasa (2/10).
Namun demikian Zainal Arifin menjamin produksi PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin tidak akan terganggu, lantaran pengambilan air baku bisa disuplai melalui intake Sungai Tabuk dan Pematang Panjang
Dengan kemampuan intake Sungai Tabuk dan Pematang Panjang produksi PDAM normal-normal saja, tidak akan ada masalah walau Sungai Bilu intake sudah berhenti dioperasikan,” katanya.
Sementara itu Muslih menambahkan, yang paling diwaspadai akan tingginya kadar garam terutama warga yang mengkonsumsi air sungai untuk keperluan minum. Sebab ancaman bahaya penyakit muntah dan berak (muntaber) siap setiap saat menyerang.
mr’s

DITERBITKAN 03-102008

Tidak ada komentar: