Kamis, 21 Agustus 2008

Pemerintah Janji Bangun Lagi 2 Twin Block Rusunawa


BERI PENJELASAN : Walikota HA Yudhi Wahyuni Usman memberikan penjelasan kepada Dirjen Cipta Karya Departemen PU yang melakukan peninjauan ke lokasi rusunawa (foto: mer’s/brt)

 
 Biaya Sewa Tertinggi Rp180 Ribu
Banjarmasin, BARITO
Meski hingga kini rumah susun sederhana sewa (rusunawa) masih belum bisa dihuni, karena terkendala masalah listrik, namun Pemerintah Pusat melalui Departemen Pekerjaan Umum (PU) menjanjikan kembali akan membangun 2 Twin Block (TB) Rusunawa yang masih berada di sekitar Gang Ganda Magfirah Kelurahan Kelayan Selatan Banjarmasin Selatan.
”Ya, pembangunan rusunawa ini akan berlanjut, tinggal tergantung pemerintah kota yang melakukan pengadaan tanahnya. Tahun ini akan kita bangun 1 Twin Block lagi, dan tahun 2009 satu Twin Block lagi, masih di kawasan ini” ujar Dirjen Cipta Karya Departemen PU, Budi Yuwono kepada wartawan usai meninjau Rusunawa di TB 1 sekaligus melihat kesiapan tanah Rusunawa di TB II dan III masih di kawasan pemukiman eks lokalisasi itu.
Menanggapi hal itu, Walikota H Ahmad Yudhi Wahyuni Usman yang turut mendampingi dirjen menegaskan, pemko menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan pengadaan tanah untuk Rusunawa lainnya. Bahkan menurut Yudhi Wahyuni diluar Rusunawa di TB I, II, dan III, ada empat daftar usulan pembangunan rusunawa di lokasi lainnya sesuai rencana tata ruang kota hingga 2011 seperti di Pasar Batuah.
Sementara itu, menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rusunawa Kota Banjarmasin , Fahrudin, ST, minat warga tak mampu di sekitar lokasi untuk menempati rusunawa cukup tinggi. Terbukti sudah tercatat 88 warga yang terdaftar secara resmi diluar 150 an lebih pendafar susulan dari 96 unit yang tersedia di TB I
Menurutnya hunian Rusunawa masih diprioritaskan bagi warga sekitar yang memang berpenghasilan rendah.
Untuk lantai satu disewakan dengan harga Rp180 ribu, sedangkan lantai dua Rp160 ribu, lantai tiga Rp140 ribu dan lantai empat Rp120 ribu”Beda masing-masing lantai Rp20 ribu, saat ini untuk instalasi listrik masih dalam proses tender” tukasnya
Sementara itu Fahrudin menghimbau bagi warga yang telah resmi terdaftar untuk melakukan daftar ulang ke UPT mulai minggu depan. Pasalnya sebelumnya menurut dia pendaftaran sebelumnya masih dilakukan di kelurahan.
mr’s .


22-08-2008

Tidak ada komentar: