Rabu, 24 September 2008

Antisipasi Padatnya Arus Lalulintas


Dishub Turunkan Tambahan 25 Personel Sat Opsdal
Banjarmasin, BARITO
Mengantisipasi padatnya arus lalulintas dalam kota menjelang lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin melakukan berbagai persiapan dan antisipasi. Di beberapa ruas jalan yang diprediksi terjadi pusat konsentrasi kendaraan, dishub selain menempatkan sejumlah personel rutin mengatur lalu lintas di arus tersebut, juga menambah jumlah personel, terutama di area kawasan Pasar Sudimampir–Jl Pangeran Samudera yang kian hari semakin macet.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Drs H Rusdiansyah SH MH , mengatakan pada saat hari biasa, pengaturan lalu-lintas di dua kawasan tersebut ditangani 14 personel satuan parkir. Namun pada Bulan Ramadhan yang memasuki hari ke 25 ini atau H-6 Lebaran, dishub menerjunkan 25 personel satuan operasi pengendalian (sat opsdal) di dua titik rawan kemacetan itu.”Untuk menghilangkan kemacetan memang tidak mungkin, namun setidaknya kita berupaya meminimalisirnya, agar tidak terjadi kebuntuan,” papar Rusdiansyah kepada Barito Post Rabu (25/9).
Dia mengakui, pihaknya cukup kewalahan mengatur arus lalu lintas di dua jalur tersebut, apalagi jumlah becak semakin bertambah menyusul membludaknya warga di pasar tradisionil tersebut untuk berbelanja.
"Ruas-ruas jalan yang juga menjadi fokus kita, adalah persimpangan jalan utama atau jalan provinsi, misalnya Jalan A Yani km 6, serta jalan yang menjadi pusat perdagangan atau pertokoan seperti Jalan Sudimampir- Samudera,“ sambungnya.
Khusus di Terminal A Yani Km 6 menurut Rusdiansyah, tidak terlalu masalah karena selain 14 personel rutin selalu siaga di kawasan tersebut, juga ada disiapkan posko gabungan pihaknya dengan aparat kepolisian, termasuk dari dinas kesehatan dan pramuka.
Pantauan Barito Post di kawasan Pasar Sudimampir-Samudera kemacetan meningkat pada mulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 17 -00 Wita. Antrian mobil mulai Jalan Ujung Murung cukup panjang, bahkan dari Jembatan A Yani Km 1.
mr’s
24-09-2008

Tidak ada komentar: