Senin, 15 September 2008

BLT Cair, Langsung Bayar Kredit Beca


BLT : Salah seorang warga saat mencairkan BLT di Kantor Pos Besar Jalan Lambung Mangkurat (Foto : Nash/Brt)
Hari Pertama Banyak tak Tahu Jadwal
Banjarmasin, BARITO
Wajah Khalid, Senin (15/9) siang kemarin, nampak berseri-seri saat keluar dari halaman Kantor PT Pos Indonesia Cabang Banjarmasin Jl Lambung Mangkurat.
Ya, tukang becak warga Jalan Teluk Tiram Darat ini memang baru saja mengambil dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap II yang dibayar secara serentak selama empat hari mulai Senin – Kamis (15-18) baik di kantor pos besar, kantor pos pembantu serta seluruh kantor kecamatan di Kota Banjarmasin.
Seraya mengusap keringat yang terkadang mengucur di wajah dan leher dengan handuknya, pria setengah baya ini kepada Barito Post mengatakan, dana BLT sebesar Rp400 ribu yang telah diterimanya hari itu langsung digunakannya untuk membayar kredit satu becak yang dibelinya. ”Langsung saja nanti saya bayarkan utang untuk pembelian becak, sebulannya Rp150 ribu,” ucap Khalid dengan bahasa Banjar, seraya menunjuk becaknya yang diparkir di halaman belakang Kantor PT Pos .
Sementara sisa uang tersebut sudah jelas akan digunakannya untuk kebutuhan keluarganya sehari-hari. ”Ya Alhamdulilah saja, saya berterima kasih kepada pemerintah, soal untuk keperluan lebaran nanti saja, puasa kan 15 hari lagi, yang penting untuk kebutuhan hidup keluarga dulu,” ujarnya.
Senada dikatakan Maskaniah, warga Jalan Pekapuran Raya RT 12 Kecamatan Banjarmasin Tengah .
Menurut janda berputra tunggal yang hari itu kecele lantaran jadwal BLT di wilayahnya baru dibayar Selasa besok (hari ini, red) dia tidak memikirkan soal lebaran.”Yang penting kalau sudah diterima,gunakan untuk keperluan sehari-hari, untuk lebaran saya tak mikir, anak saya kebetulan sudah bekerja meski ikut orang” akunya.
Pada pembayaran BLT II di hari pertama tersebut, sebagian penerima BLT memang banyak yang kecele. Sebab rata-rata mereka tidak mengetahui jadwal untuk wilayahnya masing-masing yang digelar selama 4 hari hingga Kamis (18/9) mendatang.
Walikota H Akhmad Yudhi Wahyuni Usman yang langsung melakukan pemantauan ke titik-titik pembayaran BLT mulai dari kantor pos besar mengaku lega, karena pembayaran BLT di hari pertama berjalan lancar.
Meski demikian Yudhi juga banyak melihat para pengambil BLT yang menggunakan sepeda motor dan terkesan bukan dari warga tak mampu” Sebagian memang masih banyak sebenarnya BLT yang salah sasaran, namun kedepannya saya berharap setelah verifikasi data BLT oleh BPS rampung, agar tidak lagi terjadi di kemudian hari”harapnya
mr’s

15-09-2008

Tidak ada komentar: