Minggu, 21 September 2008


PINTU GERBANG : Balok Melintang Pintu Gerbang
Batas Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar terpasang. (foto:nas’h/brt)

Balok Melintang Pintu Gerbang Terpasang
Banjarmasin, BARITO
Setelah sempat terhenti, pembangunan pintu gerbang Kota Banjarmasin di kilometer 6, yang berbatasan dengan Kabupaten Banjar kembali dilanjutkan. Senin (15/9) sekitar pukul 22.00 wita malam, sejumlah pekerja nampak terlihat sibuk dengan menggunakan crane mengangkut balok beton seberat 30 ton hingga akhirnya terpasang.
Menurut Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Kota (Kimprasko) Banjarmasin, Ir N Fajar Descira CES, sempat terhentinya pembangunan selama lebih kurang 28 hari lebih dari alasan teknis saja. ”Karena setelah beton dicor, untuk mencapai kekuatan maksimum butuh waktu 28 hari,” terang Fajar Descira, kepada wartawan, Selasa (16/9) di ruang Press Room Pemko Banjarmasin.
Dengan selesainya pemasangan balok tersebut, proses pembangunan struktur baik menyangkut pondasi, tiang dan beton pada proyek yang sempat jadi pro kontra itu
selesai.
Secara keseluruhan untuk tahap awal, proyek ini telah menelan biaya Rp2,3 miliar
Tahap berikutnya akan dilanjutkan dengan penyelesaian dan pemasangan berbagai ornament-ornamen Banjar, termasuk pembangunan taman di bawahnya.
Sayangnya Fajar Descira mengaku belum bisa memprediksi berapa anggaran yang akan dibutuhkan untuk peyelesaian proyek hingga rampung tahun 2009 mendatang.”Kita masih melakukan perhitungan karena menyangkut material yang tidak lazim”ucapnya
Fajar bahkan tak bisa memastikan apakah kedepannya proyek ini masih sesuai perencanaan awal dengan dana Rp6,5 miliar atau justeru membengkak ataupun menurun”Karena kemungkinan bisa saja terjadi perubahan desain karena menyesuaikan kondisi,“ pungkasnya.
mr’s
21-09-2008

Tidak ada komentar: