Rabu, 03 September 2008

“Sakadup” Pelabuhan dan Terminal Dapat Kelonggaran


HA Yudhi Wahyuni

Pol PP Siapkan Regu Berpakaian Preman
Banjarmasin, BARITO
Meski penerapan Perda Nomor 4 Tahun 2005 tentang Larangan Kegiatan pada Bulan Ramadhan melarang bagi aktivitas warung sakadup dan restoran buka di siang hari, namun khusus untuk kawasan pelabuhan dan terminal, warung “sakadup” boleh beroperasi. ”Ya pemko memberikan dispensasi di kawasan pelabuhan dan terminal (yang terkait urusan angkutan pelabuhan, red ), di luar itu semuanya dilarang,” tegas Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni Usman, SE kepada wartawan, di hari pertama Ramadhan, Senin (1/9).
Kelonggaran itu diberikan terutama memberikan fasilitas bagi mereka yang bekerja dengan fisik dan terkategori berat –seperti pekerja pelabuhan, buruh, musafir yang merasa tak bisa meneruskan puasa dalam safarnya
Meski kelonggaran diberikan, namun Yudhi Wahyuni mengharapkan para pemilik warung tetap mengoperasikan warungnya tidak secara terbuka atau terang-terangan, misalnya ditutup dengan tenda dsb
Sementara itu Kasubdin Operasional dan Penertiban Pol PP Kota Banjarmasin, Drs Nazamuddin mengatakan, pada hari pertama ini Pol PP masih melaksanakan tahap sosialisasi sebelum operasi yustisi digelar .”Kita sudah menyebarkan leaflet termasuk dialog interaktif di radio-radio” bebernya.
Untuk operasi yustisi yang digelar ini Pol PP menyiapkan empat regu dibantu aparat kepolisian, dimana satu regu diantaranya berpakaian preman yang sebelumnya akan melaksanakan penyisiran dan pengintaian terlebih dahulu. “Operasi dilaksanakan setiap saat dan bisa dilakukan secara mendadak, mengapa kita juga menyiapkan regu berpakaian preman, ini mengantisipasi bocornya jadwal yustisi” akunya.
Hal ini sambung Nazamuddin berbekal pengalaman tahun lalu, dimana tidak menutup kemungkinan para pemilik warung sendiri memiliki “intel” nya di Pemko Banjarmasin atau keluarga, rekan atau kerabat nya yang PNS.
Meski demikian dia tetap berharap tahun ini tidak terjadi pelanggaran, karena dengan demikian ini artinya kesadaran masyarakat semakin tinggi.
mr’s

03-09-2008

Tidak ada komentar: