Rabu, 29 Oktober 2008

Pemko Tepis Kekhawatiran Warga



Pasar Kapuk akan Dibuat Sedemikian Rupa
Banjarmasin, BARITO
Warga sekitar penampungan pasar kapuk di Jalan RK Ilir Kelurahan Pekauman diminta tak perlu khawatir akan adanya pasar di lingkungan mereka. Pasalnya, Pemko Banjarmasin sudah mendesain sedemikian rupa lokasi pasar tersebut, sehingga adanya kekhawatiran warga terutama kalau terjadi kebakaran bisa diantisipasi secepatnya. Hal ini seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Pemukuman dan Prasarana Kota (Kimprasko) Banjarmasin Ir Fajar Desira.
Menurutnya, walaupun kebakaran bisa terjadi di mana dan kapan saja, namun diharapkan tidak terjadi di lokasi penampungan pasar kapuk. Kalaupun terjadi juga, pihaknya terang Fajar sudah melakukan antisipasi.
Seperti membuat akses jalan di lokasi pasar dengan lebar sekitar 5 meter, sehingga akan memudahkan keluar masuk mobil pemadam kebakaran, kalau terjadi kebakaran di sana.
“Selain itu letak pasar kan kita taruh di pinggir sungai. Maksudnya kalau terjadi seperti kekhawatiran warga maka akan sangat mudah kalau memang terjadi apa-apa (kebakaran, red),” ujarnya usai mengikuti rapat paripurna pendapat akhir fraksi-fraksi menyangkut tiga buah raperda yang diajukan Pemko Banjarmasin.
Salah seorang warga Rendi Mauntana mewakili warga RT 10 Jalan RK Ilir Kelurahan Pekauman mengakui memang merasa keberatan dengan adanya pasar kapuk di lokasi tempat tinggal mereka. Apalagi sampai sekarang Pemko tak tak pernah memberitahukan hal itu ke masyarakat.
Mengenai hal ini, Fajar mengakui, kalau pihaknya memang tak pernah memberitahukan warga tentang rencana penampungan pasar kapuk. Dia berkilah kalau warga bisa saja mengetahui hal itu lewat media massa, sehingga tak perlu ada pemberitahuan.
Namun begitu, kendati tidak ada pemberitahuan, Fajar mengharapkan agar warga bisa mendukung rencana program pembangunan pemerintah kota tersebut. “Kita berharap agar warga memberi dukungannya, apalagi itu kan program pemerintah untuk pembangunan ke depan,” katanya.
Untuk diketahui, pembongkaran pasar kapuk sendiri terpaksa ditunda hingga minggu depan. Pembatalan tersebut, terkait pembuatan kios penampungan di eks Kantor Camat Banjarmasin Selatan Jalan RK Ilir belum selesai. Termasuk sarana jalan yang hingga kini masih dalam tahap penyelesaian. Ditargetkan minggu depan semua fasilitas tersebuut sudah bisa diselesaikan, dan segera dilakukan pemindahan. rif/mun



17-10-2008

Tidak ada komentar: