Kamis, 23 Oktober 2008

Desember, Jembatan RK Ilir Bisa Dilintasi


TINJAU : Walikota Banjarmasin H Akhmad Yudhi Wahyuni Usman didampingi Kadis Kimprasko Ir H Nurul Fajar Descira CES dan Camat Banjarmasin Selatan, Drs M Kasman dan Kasi Pemberitaan dan Media, Drs Kurnadiansyah saat meninjau proyek Jembatan RK Ilir yang segera rampung dalam dua bulan ini (foto :ist/brt)

Banjarmasin, BARITO
Warga Kota Banjarmasin yang sudah sejak lama menanti rampungnya Jembatan RK Ilir kini akhirnya bisa menarik nafas lega . Pasalnya ditargetkan, mulai Desember tahun ini, jembatan yang mulai dikerjakan sejak tahun 2002 itu bisa dilintasi kendaraan bermotor.
Keterangan itu disampaikan Pengawas Proyek Jembatan RK Ilir, Sutarno kepada Walikota Banjarmasin H Ahmad Yudhi Wahyuni Usman didampingi Kadis Kimprasko Ir H Nurul Fajar Descira CES dan Camat Banjarmasin Selatan, Drs M Kasman yang meninjau jembatan itu, Jumat (17/10).
Menurut Walikota H Ahmad Yudhi Wahyuni Usman, kehadiran jembatan ini akan sangat bermanfaat terutama guna memecah kemacetan dalam kota, lantaran selama ini kawasan pekauman, RK Ilir, Kelayan untuk menuju dalam kota hanya bisa lewat Jalan Kelayan Luar yang sempit, akibatnya selalu terjadi kosentrasi pemakaian lalu lintas disana, dan dampaknya bisa dirasakan kemacetan luar biasa (traffict jams) setiap hari.”Kita bersyukur jika memang benar jembatan ini pada Desember mendatang sudah bisa dilintasi, dan ini jelas membantu memecah kemacetan yang selama ini terjadi di dalam kota, khususnya di Kelayan Luar yang menjadi titik kemacetan” ungkapnya.
Sekadar diketahui, jembatan ini menurut pemerintah merupakan jembatan strategis nasional walaupun tidak terletak pada jalan nasional. Jembatan ini telah dikerjakan sejak 2002 dan didanai melalui APBD dan APBN diperkirakan menelan dana puluhan miliar rupiah, adapun diameternya mencapai 190 meter dan lebar 18 meter, memakai gelagar baja komposit kelas A.
Pekerjaan jembatan ini sempat mangkrak karena anggaran yang dimiliki Pemko Banjarmasin terbatas, hingga akhirnya pekerjaan itu diambil-alih oleh Pemprov Kalsel.
Kehadiran Jembatan RK Ilir akan mengubah kota ini ke arah yang lebih teratur dan indah karena jembatan ini menghubungkan Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Tengah.
mr’s
18-10-2008

Tidak ada komentar: