Rabu, 12 November 2008

Ancam Bongkar Kios yang Menutup Drainase





Banjarmasin,BARITO
Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni mengancam akan membongkar sejumlah kios yang menutup drainase. Hal ini supaya kelancaran pembuangan air ke Sungai Martapura bisa berjalan lancar.``Ini bukan ancaman, tetapi bisa dibuktikan jika memang pemilik kios tetap tidak memberikan jalan untuk melakukan pembersihan sampah pasar yang akhirnya menganggu fasilitas umum,’’ucap HA Yudhi Wahyuni kepada wartawan Selasa (4/11).
Menurut Yudhi, memang saat ini aliran air ke sungai kerap kali terjadi kendala jika hujan lebat. Karena saluran yang ada kurang bisa menampung luapan air yang akan menuju sungai seperti hukum alam mencari yang rendah.
Bahkan belakangan ini diketahui, ujar Walikota, pembuangan air yang terkendala ini sehubungan banyaknya drainase yang tak bebas mengalirkan air, karena aadanya tumpukan sampah yang menggunung.
Untuk itulah, sambungnya, Dinas Pemukiman dan Prasarana Kota (Kimprasko)
Banjarmasin bertekad me-ngembalikan supaya drainase lancar juga citra Kota Banjarmasin sebagai kota sungai dengan salah satu cara dengan melakukan normalisasi
sungai-sungai yang ada di kota ini.``Kita bertekad membersihkan sungai-sungai di Banjarmasin agar berfungsi sebagaimana mestinya seperti dahulu kala,” tegas Yudhi Wahyuni.
Menurut Yudhi, jika drainase lancar dan normalisasi sungai yang dilakukan berhasil tentu saja akan menjadikan Kota Banjarmasin bebas dari genangan air. Sebab berdasarkan Data Dinas Kimpasko Banjarmasin, ada 57 sungai dinyatakan kurang berfungsi dengan baik dari 117 sungai yang dimiliki.
Tetapi kini setelah terjadinya alihfungsi sungai tinggal 60 sungai saja yang mengalir
baik.Melalui program normalisasi sungai itu diharapkan, sungai-sungai yang sudah mulai rusak fungsinya dikembalikan agar selain untuk kehidupan warga sekitar juga sebagai sarana transportasi dan keindahan kota.
mr’s

05-11-2008

Tidak ada komentar: