Senin, 11 Agustus 2008

606.328 Warga Peroleh KTP Gratis

GRATIS : Walikota HA Yudhi Wahyuni Usman didampingi Wakil Walikota H Alwi Sahlan menyerahkan secara simbolis KTP gratis SIAK on line kepada beberapa warga .


KTP SIAK Online Diberlakukan

Banjarmasin, BARITO
Sebanyak 606.328 jiwa masyarakat di Kota Banjarmasin akan memperoleh KTP secara gratis ditambah pemutihan kartu keluarga 165.417 kepala keluarga (KK).
Hal tersebut disampaikan Walikota HA Yudhi Wahyuni Usman dalam laporannya kepada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diwakili Asisten I Pemerintahan Provinsi Kalsel pada acara pencanangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online di Kota Banjarmasin yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (12/8)
Program pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) on line secara gratis ini menurut Yudhi Wahyuni sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan SIAK terhitung mulai 1 Agustus.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Dra Hj Rachmah Noorlias menambahkan, program SIAK bertujuan untuk membangun database kependudukan melalui pemberlakukan nomor induk kependudukan (NIK) secara nasional sebagai langkah untuk mewujudkan tertib administrasi penduduk.
Dengan sistem ini hak-hak individu penduduk terlindungi melalui pelayanan penertiban dokumen kependudukan seperti KK, KTP dan alat akte catatan sipil (capil). Sebab, melalui sistem ini nomor identitas penduduk bersifat tunggal dan melekat sepanjang masa kepada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk (daerah) Indonesia.
“Dengan diberlakukan KTP sistem online ini kemanapun warga pindah, nomor induknya tetap. "Beda dengan sistem manual seperti yang selama ini, jika seorang penduduk pindah dan KK/KTP diganti nomor ikut diganti," katanya.
Ditambahkan, saat ini ada lima titik pelayanan kependudukan dari lima kecamatan yang ada di Banjarmasin serta satu titik di kantor disdukcapil .
Sementara itu Camat Banjarmasin Selatan, Drs M Kasman mengakui dengan program KTP SIAK on line secara gratis sangat membantu 8000 warga miskin di wilayahnya. Dimana tercatat 50 % diantaranya masih belum memiliki KTP”Setiap hari warga terus berdatangan membuat KTP, bahkan sejak 1 Agustus hingga sekarang tercatat 500 warga membuat KTP” tukasnya
mr’s


Pembedaan Warna Foto Dikeluhkan
Banjarmasin, BARITO
Program pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online di Kota Banjarmasin masih dikeluhkan warga.
Hal diutarakan Ketua RT 33 Kelurahan Pemurus Baru Kecamatan Banjarmasin Selatan (Bansel) H Achmad Gazali yang menanyakan syarat pembuatan KTP pada form pengisian terutama untuk pembedaan warna foto berdasarkan tahun kelahiran.
Dimana untuk tahun kelahiran ganjil foto harus berwarna merah yang harus disiapkan pembuat KTP, sedangkan warga kelahiran tahun genap mesti menyiapkan foto warna merah”Ini kan masih menjadi beban, jika ternyata warga justeru hanya memiki foto yang berbeda dengan tahun kelahiran dimaksud” terangnya kepada Barito Post seraya memperlihatkan form pengisian pembuatan KTP gratis, usai pencanangan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) online di Kota Banjarmasin yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (12/8)
Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Dra Hj Rachmah Noorlias dikonfirmasi mengatakan, masalah itu bisa diatasi karena di kecamatan nantinya juga akan dilengkapi kamera foto tersendiri”Karena itulah bagusnya mengurus KTP sebaiknya dilakukan oleh orang yang bersangkutan sehingga lebih mudah bisa langsung difoto” pungkasnya
mr’s


12-08-2008

Tidak ada komentar: