Senin, 13 Oktober 2008

Pemko Banjarmasin Galakkan Tanaman Hias


File Foto :10-10_Green House
GUNTING PITA : Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj Emmy Mariani Tajuddin bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel Hj Aida Muslimah Rosehan NB disaksikan Walikota Banjarmasin H Akhmad Yudhi Wahyuni Usman melakukan penggguntingan pita Expo tanaman hias dalam memperingati Hari Jadi ke 482 Kota Banjarmasin, Rabu (8/10) di lokasi pusat pembudidayaan tanaman hias terbesar Banjarmasin, yakni `screen house (Foto : Nasrulah/Brt)


Banjarmasin, BARITO
Pemko Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan lebih fokus mengembangkan agrobisnis tanaman hias, usaha peternakan dan budidaya perikanan karena sektor pangan sulit dibangun karena lahan yang terbatas.
"Belakangan ini, membudidayakan tanaman hias terbukti memberikan penghasilan bagi masyarakat. Makanya ke depan nanti, agrobisnis tanaman hias akan lebih digalakkan," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Banjarmasin, drh Eko Priyo di Banjarmasin, Kamis.
Pemko Banjarmasin telah dan akan terus membina sejumlah petani tanaman hias serta menggelar ekspo dan pameran tanaman hias untuk menanamkan kecintaan terhadap tanaman hias.
Salah satu kegiatan dalam upaya menggalakkan tanaman hias tersebut adalah ekspo tanaman hias dalam memperingati hari jadi Pemko Banjarmasin, sekaligus forum silaturhami para petani dan pecinta tanaman hias yang dimulai hari Rabu (8/10) di lokasi pusat pembudidayaan tanaman hias terbesar Banjarmasin, yakni `screen house.`
Melalui ekspo itu, para petani tanaman hias bisa saling tukar menukar pengalaman maupun pengetahuan mereka bahkan informasi pasar.
Ekspo yang dibarengi dengan kontes tanaman hias tersebut, ujar Priyo Eko, akan menjadi ajang tahunan sekaligus pembinaan para petani dan pecinta tanaman hias untuk membangun jaringan (networking) serta ajang penyuluhan mengenai budidaya tanaman hias.
Walikota Banjarmasin HA Yudhi Wahyuni Usman, saat menghadiri ekspo menyatakan gembira dengan kian digemarinya tanaman hias, karena dampaknya akan terlihat di wilayah Kota Banjarmasin yang bertambah indah dan asri di samping sejuk karena kian menjamurnya budidaya tanaman hias.
Selain itu ia juga mengajak masyarakat untuk bisa menitipkan hasil budidaya tanaman hiasnya, tanaman buah-buahan serta sayur di lokasi pembudiyaan `screen house` yang dikelola Dinas Pertanian Kota Banjarmasin.
"Kedepan akan lebih mengoptimalkan pemanfaatkan screen house sebagai ajang kontes maupun kegiatan pameran berbagai tanaman, sehingga kota ini memiliki lokasi khusus tanaman hias yang bisa menjadi objek wisata kota ini," kata walikota Banjarmasin.
Lokasi screen house yang dibangun sejak beberapa tahun menelan dana puluhan miliar rupiah terletak di jalan lingkar dalam jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Banua Anyar Banjarmasin yang mendapat bantuan Departemen Pertanian.
Agro expo yang diselenggarakan Dinas Pertanian itu diikuti 100 lebih pecinta tanaman hias. ant/mun

13-10-2008

Tidak ada komentar: