Kamis, 30 Oktober 2008

20 JCH Idap Penyakit Serius


Dirujuk ke Dokter Spesialis

Banjarmasin, BARITO
Sekitar 20 puluh dari 939 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Banjarmasin dikhawatirkan tak bisa berangkat. Pasalnya, sebagian di antaranya terindikasi mengidap penyakit yang dianggap serius, terutama jantung. Hal itu diketahui setelah dinas kesehatan (dinkes) menerima hasil pemeriksaan yang disetorkan sejumlah puskesmas
Seperti tahun sebelumnya, CJH yang terdaftar harus melalui dua tahapan tes kesehatan. Tahap pertama, dilakukan puskesmas terdekat dari kelurahan JCH yang akan berangkat. Setelah itu, baru masuk pada tes kedua yang dilakukan seluruh JCH yang dipusatkan di Puskesmas Cempaka,Kelurahan Mawar.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin dr Hj Rosally Gunawan,
dari data yang ada di dinkes, 20 JCH terindikasi penyakit jantung, penyakit yang rata-rata diidap orang berumur tua. “Upaya yang dilakukan, dengan melakukan pencegahan JCH yang terindikasi penyakit, yakni, dengan memberikan langkah antisipasi cepat salah satunya kita rujuk ke dokter spesialis. Kan kita tidak ingin JCH gagal berangkat," terang Rosally Gunawan kepada wartawan, di sela-sela mendampingi Wakil Walikota H Alwi Sahlan meninjau pelaksanaan pemeriksana kesehatan JCH Kota Banjarmasin di Puskesmas Cempaka, Jumat (24/10).
Rosally Gunawan sendiri tidak mau memberikan kepastian apakah 20 JCH yang diduga mengidap penyakit yang dianggap serius itu akan direkomendasikan batal berangkat sebelum menerima hasil pemeriksaan dokter spesialis.”Kepastiannya kita tunggu saja sebelum tanggal 9 November nanti” urainya
Sementara itu Wakil Walikota H Alwi Sahlan mengharapkan bagi JCH yang nantinya direkomendasikan batal berangkat setelah hasil pemeriksaan keluar agar bersabar.
Pada kesempatan itu, mantan Ketua PKS Kalsel ini juga berpesan agar para JCH untuk benar-benar menjaga kondisi kesehatan termasuk lebih banyak mengkonsumsi air putih .
Apalagi sambungnya, cuaca di Arab Saudi cukup panas, selain itu jarak antara penginapan dengan maktab cukup jauh antara 10-14 km.
Pemeriksaan kesehatan JCH Kota Banjarmasin sendiri berlangsung selama lima hari mulai Selasa –Sabtu ini. mr’s

25-10-2008

Tidak ada komentar: