Kamis, 30 Oktober 2008

Pembangunan Tugu Sudah 70 Persen


Kimprasko akan Ajukan Kembali Anggaran Rp3 M

Banjarmasin, BARITO
Pembangunan tugu selamat datang di kota Banjarmasin yang sempat menuai protes, kini dalam tahap penyelesaian. Malah berdasarkan pernyataan Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Kota Banjarmasin Ir Fajar Desira, penyelesaian tugu kini tinggal menyelesaikan finishingnya saja.
“Kalau dihitung pembangunan strukturnya hingga kini sudah mencapai 70 persen, atau masih ada sekitar 30 persen lagi,” ujarnya disela-sela kunjungan Komisi III DPRD Kota Banjarmasin ke lokasi pembanguanan, Selasa (21-10).
Sedangkan kalau dihitung dari dana tambah dia, pembangunan tugu sudah menyerap sekitar 50 persen anggaran.
Fajar melanjutkan, sesuai dengan target untuk menyelesaikan tugu pada tahun depan. Maka untuk anggaran tahun 2009, pihaknya nanti akan kembali mengajukan anggaran untuk penyelesaian tugu tersebut.
Pengajuan anggaran sesuai dengan desain struktur tugu sepanjang 40 meter dan tinggi 24 meter yang akan dilapisi dengan semen granit, menambah pemasangan ornamen rumah banjar pada puncak tugu, perahu pada kiri dan kanan tugu, ukiran baja tempa sepanjang bentangan tugu, ucapan selamat datang serta lampu-lampu hias.
“Untuk finishing tersebut diperkirakan anggaran yang diperlukan sebesar Rp3 Milyar,” katanya.
Dipaparkan, memang semula anggaran untuk membangun tugu Selamat Datang ini diperkirakan sekitar Rp6,5 miliar, namun setelah proses berjalan anggaran tugu ini tidak sebesar yang diperhitungkan semula. “Memang totalnya sebesar Rp 6,5 miliar tetapi setelah dihitung anggaran tugu tidak sebesar yang diperkirakan, dihitung pada 2008 sudah menyerap Rp2,4 miliar dan 2009 nanti sekitar Rp3 miliar maka anggaran tugu ini sekitar Rp5, 3 miliar, jadi terjadi penyusutan, “jelasnya.
Penyusutan anggaran ini disebabkan adanya pengurangan bangunan seperti area parkir yang dialihkan hanya ke bangunan utama.
Selain membangun tugu, Kimprasko juga akan memperbaiki jalan lingkungan di sekitar tugu. Pada samping kiri dan kanan jalan tugu akan dibangun pula jalan beton untuk menonjolkan bangunan tugu. “Untuk jalan ini yang akan diaspal sepanjang masing-masing 50 meter arah luar dan dalam kota dari tugu,”jelasnya.
Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Sugian Noor mengharapkan dalam proses pembangunan tugu ini tidak menemui hambatan lagi. Apalagi nantinya bangunan tugu ini akan menjadi salah satu ikon kota Banjarmasin.
Demikian juga dari segi anggaran yang telah diserap dan diperlukan untuk pembangunan sebuah tugu ini. Sugian menilai dana tersebut cukup efektif terlebih Kimprasko dapat melimit anggaran hingga terjadi penyusutan dari anggaran semula.
rif

22-10-2008

Tidak ada komentar: