Kamis, 13 November 2008

Pelayanan PDAM di atas Kebutuhan Pelanggan



Banjarmasin, BARITO
Peningkatan investasi dan pengelolaan manajemen secara profesional yang dilakukan PDAM Bandarmasih Banjarmasin, diakui membuat perusahaan milik daerah ini banyak membawa kemajuan bagi peningkatan akan pelayanan air bersih untuk masyarakat dan pelanggan di kota ini.
Terbukti, sejak berbagai terobosan melalui pengembangan investasi yang dilakukan secara terprogram, membuat PDAM Bandarmasih sudah mampu melayani air bersih bagi pelanggan di Banjarmasin hingga di atas kebutuhan.
Direktur Utama (Dirut) PDAM Bandarmasin Drs H Zainal Arifin kepada sejumlah wartawan baru-baru tadi mengatakan, PDAM sekarang ini sudah bisa memproduksi kapisitas air bersih sebanyak 1.600 liter/detik. ‘’Dengan jumlah pelanggan saat ini sebanyak 106.000,” ujarnya.
Dengan kebutuhan air bersih untuk melayani pelanggan sebanyak itu tambah dia lagi, hanya diperlukan sekitar 1.200 liter/perdetik. Artinya masih cadangan kelebihan sekitar 400 liter/detik.
Ketersediaan 400 liter/detik tersebut diharapkan bisa menjadi pasokan ke pelanggan apabila terjadi krisis air. “Artinya dengan kelebihan tersebut kita bisa mengantisipasi kalau-kalau terjadi krisis air,” ujarnya kembali.
Kendati sekarang PDAM kelebihan kebutuhan air bersih, namun tutur Zainal pihaknya tetap melakukan usaha lainnya untuk terus meningkatkan pasokan air bersih kepada pelanggan dan calon pelanggan. Seperti membuka jaringan baru di Barisih dan Mantuil, serta pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) di Sungai Tabuk.
“Kita punya target, tahun 2010 nanti, semua kelurahan di Banjarmasin sudah bisa terlayani,” katanya.
Untuk diketahui, pelayanan PDAM Bandarmasih kepada pelanggan dinilai sangat berhasil. Seperti komentar salah seorang dari Bank Dunia Mr Aldo beberapa waktu yang lalu. Dia memuji keberadaan PDAM Bandarmasih yang telah memberikan pelayanan cukup maksimal kepada masyarakat perkotaan.
Menurutnya, PDAM Bandarmasih memiliki banyak kelebihan dibanding PDAM lainnya di Indonesia, antara lain mengenai cakupan pelayanan yang mendekati 100 persen, artinya seluruh kelurahan sudah terlayani air PDAM.
rif

DITERBITKAN 06-11-2008

http://wartaputradayak.blogspot.com/

Tidak ada komentar: