Kamis, 13 November 2008

Pemadaman Listrik tak Pengaruhi Distribusi Air Bersih



Banjarmasin, BARITO
Pemadaman listrik yang dilakukan PT PLN Cabang Kalselteng dipastikan tidak akan banyak berpengaruh pada distribusi air PDAM Bandarmasih. Soalnya, jauh-jauh hari PDAM sudah melakukan antisipasi dengan melakukan penyediaan genset.
Seperti diakui Direktur Utama (Dirut) PDAM Bandarmasih Drs H Zainal Arifin.
“Saya kira pemadaman yang terjadi tak ada pengaruhnya,” ujarnya ditemui usai menghadiri sidang paripurna tanggapan fraksi-fraksi mengenai penetapan kenaikan tarif PDAM tahun 2009, Senin (3/11).
Keyakinan tersebut menurutnya karena PDAM sudah menyiapkan beberapa genset kalau-kalau terjadi pemadaman. Malah penyediaan genset dilakukan sudah lama sebelum seringnya PLN melakukan pemadaman. “Jadi kita tak perlu khawatir kalau terjadi pemadaman,” ucapnya lagi.
Apalagi pemadaman yang dilakukan hanya berkisar 4 hingga 5 jam. Terkecuali berturut-turut selama satu minggu mungkin PDAM tak bisa mengantispasinya. Dan terpaksa distribusi mengalami hambatan, imbuhnya.
Namun begitu, Zainal tak membantah ada sedikit pengaruh, seperti pada tekanan air yang kemungkinan mengalami sedikit penurunan atau tidak deras seperti biasanya. Tapi air menurutnya akan tetap dan sampai ke pelanggan.
Diungkapkan, sekarang ini ketersediaan genset di PDAM Bandarmasih berjumlah 9 unit. Dan direncanakan untuk peningkatan pelayanan tahun depan PDAM akan kembali membeli 2 genset lagi. “Penambahan pembelian 2 genset tersebut sebagai bukti peningkatan pelayanan PDAM pada pelanggan,” katanya.
Seperti diketahui, terhitung dari tanggal 3 November hingga Desember 2008 mendatang, PLN Kalselteng melakukna pemadaman bergilir pada waktu siang dan malam hari.
Pemadaman tersebut terkait pemeliharaan (overhoul) di PLTU Asam-asam Unit 2 yang berimbas pada pasokan daya listrik.
rif

DITERBITKAN 05-11-2008

http://wartaputradayak.blogspot.com/

Tidak ada komentar: