Kamis, 13 November 2008

Kenaikan Tarif PDAM Berlaku pada Rekening Januari

Banjarmasin, BARITO
DPRD Kota Banjarmasin akhirnya menyetujui kenaikan PDAM sebesar 10 persen. Kenaikkan itu akan berlaku pada rekening bulan Desember atau tagihan Janauari 2009.
Persetujuan kenaikan dilakukan pada sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Taufik Hidayat SH dan dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Alwi Sahlan, serta pejabat dilingkungan Pemko Banjarmasin.
Direktur Teknik PDAM Bandarmasih Drs Zainal Ariffin ditemui usai sidang menegaskan, kalau kenaikan itu merupakan program PDAM yang dilakukan setiap setahun sekali. Namun begitu, kenaikkan tersebut hanya berkisar antara 5 hingga 10 persen.
“Seperti kali ini kenaikkan disetujui sebesar 10 persen, sehingga dirasa tidak akan memberatkan masyarakat,” ujarnya.
Zainal sendiri berharap, kenaikkan tersebut bisa dipahami masyarakat. Apalagi kenaikan itu dilakukan dilakukan untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Seperti penambahan reservoar, booster, pembelian ginset, dan penambahan instalasi.
“Sehingga kenaikkan ini bukan saja untuk pelanggan tapi juga calon pelanggan,” ucapnya lagi.
Khusus penambahan instalasi, terang dia lagi, tahun 2010 pihaknya menargetkan paling tidak sudah tersambung sekitar 120.000 pelanggan. Dibandingkan sekarang hanya 106.000 pelanggan.
Terpisah Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) Abdul Gais mengharapkan kenaikkan hendaknya dibarengi dengan peningkatan pelayanan PDAM kepada masyarakat. Kenaikan tersebut, dinilainya wajar saja. Apalagi disaat pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, sehingga perlu ada penambahan jaringan baru. Yang tentunya bukan saja meningkatkan investasi, tapi juga peningkatan pelayanan, kualitas dan kuantitas. “Asal sesuai pelayanan saya kira masyarakat bisa memahani hal tersebut,” katanya.
Senada Sekretaris FPAN M Dafik As’ad juga menilai kenaikkan tarif PDAM tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan peningkatan pelayanan yang memerluakan cost yang cukup besar.
“Apalagi pemeliharaan yang dilakukan PDAM kan cukup besar, bila dibandingkan dengan kenaikan tersebut saya kira tidak terlalu..,” ucapnya.
rif

DITERBITKAN 03-11-2008

http://wartaputradayak.blogspot.com/

Tidak ada komentar: