Kamis, 04 Desember 2008

Hari Pertama, Baru 178 Pelamar CPNS Mendaftar

Banjarmasin, BARITO
Di hari pertama seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintah kota Banjarmasin, ratusan pelamar memadati loket-loket yang disediakan, Lima loket yang disediakan tim penyeleksi dikhususkan untuk formasi CPNS dari umum dan tenaga teknis, sementara untuk tenaga pengajar atau guru, para pelamar langsung diminta untuk menyerahkan kelengkapan berkasnya di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, dan di sana juga disediakan tiga loket penyerahan kelengkapan berkas berdasarkan klasifikasi jenjang pendidikan yang diinginkan para pelamar yakni untuk guru SD, SMP dan SMA, Kamis (20/11). Sebanyak 178 orang pendaftar telah diterima tim seleksi pada hari ini, terdiri dari 46 orang tenaga pengajar, 14 orang tenaga kesehatan dan tenaga teknis 118 orang,
Terlihat di Dinas Pendidikan Kota para pelamar cukup sepi, hal ini diduga dikarenakan adanya pembatasan jumlah minimal Indeks Prestasi atau IP yang cukup tinggi bagi para pelamar yakni IP 3,00 juga dikarenakan adanya ketentuan bahwa para pelamar calon guru dikhususkan dari berorientasi pendidikan guru atau SPd dan harus sesuai jurusan, sementara bagi mereka yang orientasi pendidikannya nonkeguruan diarahkan untuk melamar di daerah lain yang ada formasinya.
Menurut seorang pelamar calon guru, Kahfi (26) warga Jl Jafri Zam-zam RT 79 Banjarmasin Tengah, dirinya menyambut gembira adanya pembatasan IP dan juga para pelamar calon guru harus dari jurusan kependidikan. “Saya merasa senang dengan adanya peraturan pembatasan IP 3.00 dan keharusan pelamar berlatar belakang pendidikan keguruan, jadi kemungkinan besar pada kali yang kedua ini saya bisa diterima,” ungkapnya.
Kepala Sub Bidang Seleksi Badan Kepegawaian Daerah Kota, Ahmad Sauki menjelaskan, pendaftaran CPNS dibuka mulai dari pukul 08.30 hingga pukul 14.30 wita, dimulai tanggal 20-27 November 2008. “Pendaftaran ini kami buka mulai hari ini hingga tanggal 27 November nanti, dan bagi para pelamar yang berasal dari luar kota Banjarmasin bisa mengirimkan berkasnya via kantor pos maupun diwakilkan,” ujarnya.
Meski demikian, bagi mereka yang menyerahkan berkas dengan cara diwakilkan tetap diminta untuk menandatangani sendiri formulir pendaftaran yang diberikan panitia, dan pada saat pelaksanaan tes nanti mereka diwajibkan datang sendiri atau tidak diwakilkan tandasnya.
Seperti yang diberitakan sebelumnya formasi CPNS dilingkungan pemerintah kota Banjarmasin sebanyak 342 orang, yang terdiri dari tenaga pengajar 227 orang, tenaga kesehatan 69 orang dan teknis sebanyak 46 orang. Dan pelaksanaan tesnya serentak diadakan pada tanggal 14 Desember nanti.
Terkait penerimaan CPNS kali ini walikota Banjarmasin Yudhi Wahyuni menjamin bebas dari praktek kecurangan baik kolosi maupun nepotisme. Bagi para pelamar yang menemukan adanya indikasi penyimpangan dan pelanggaran diminta untuk melaporkan langsung kepadanya, baik secara langsung maupun via SMS. Meski demikian walikota meminta agar seluruh pelamar CPNS berhati-hati terhadap kemungkinan adanya para calo.
M-01

21-11-2008

Tidak ada komentar: