Kamis, 18 Desember 2008

Warga Keramat Raya Ikuti Sosialisasi Tarif Air Bersih

Banjarmasin,BARITO
Upaya untuk mendekatkan program pengembangan jaringan ditrsibusi air bersih PDAM Bandarmasih bagi pelanggannya, terus dilakukan sosialisasi secara kontiyu. Senin (15/12) siang kemarin giliran PDAM mensosialsiasikan kenaikan tarif yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2009.
``Kenaikan tarif air bersih yang sudah menjadi kesepakatan dan disetujui DPRD Kota yang kontiyu dilakukan setiap tahun sebesar 5 persen sebagai wujud komitmen para pelanggannya untuk peningkatan pelayanan,’’ucap Humas PDAM Farida SE saat memberikan sosialisasi masalah kenaikan tarif PDAM, di Masjid Misbahul Minimin Jalan Keramat Raya Banjarmasin, Sungai Bilu Banjarmasin Timur, Senin (15/12).
Kegiatan sosialiasi dipandu LSM Studi Pena yang dikoordinir Sunardi ST menghadirkan tim sosialisasi kenaikan tarif Drs Suderazat, Ir Lenis Purwanto, Ari Sofyan dan Sumarji dan Farida yang secara bergantian yang memberikan pemahaman melalui kenaikan tarif air bersih itulah PDAM sampai sekarang bisa menjalankan operasional.
Karena sesuai dengan Keputusan Menteri No 907 tahun 2002 air minum harus memenuhi kwalitas. Untuk itulah dengan kenaikan tarif secara kontiyu pertahun ini barulah bisa menutup biaya operasinal produksi dan distribusi air bersih.
Ketika ditanya, Ny Syamsiah mengapa BBM saat ini harganya turun tetapi air bersih justru naik? Menurutnya, memang salah satu komponen pembayaran yang paling besar dari pengolahan air bersih adalah listrik sehingga kalau untuk air bersih tak bisa diturunkan harganya.
Menurut Lenis Purwanto, dalam pengolahan air bersih banyak komponen kimia yang harus dicampurkan agar bisa menjadi air bersih. Untuk itulah diperlukan biaya yang cukup besar termasuk untuk menyalurkan air bersih sampai ke rumah para pelanggan.
Apalagi, ujarnya, di Banjarmasin sumber air baku yang jaraknya jauh ini untuk bisa menyalurkan air bersih ke rumah pelanggan sampai puluhan km meter sehingga diharapkan kondisi ini bisa dimaklumi. ‘’Kondisi ini kadang-kadang kurang bisa dimengerti oleh banyak masyarakat pelanggan,’’ucap Lenis lagi.
mr’s

Diterbitkan 16-12-2008

http://wartaputradayak.blogspot.com/

Tidak ada komentar: